Apakah Seni Itu Penting bagi seorang pelajar??

 music
Assalamualaikum.wr.wb


Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya ingin mempostingkan artikel tentang musik. Dimana artikel saya ini saya khususkan untuk yang di adakan oleh Sebelumnya saya juga telah memostingkan tentang

Di artikel yang satu ini, adalah artikel tentang musik. Siapa sih yang tidak kenal dengan istilah MUSIK pastinya sudah tau. Musik adalah bunyi yang diterima oleh individu dan berbeda-beda berdasarkan sejarah, lokasi, budaya dan selera seseorang.


So... apa hubungannya Musik dengan dunia pelajar alias dunia pendidikan. Tentunya ada hubungannya. Tanpa musik dunia ini terasa hampa dan sepi. Musik berfungsi sebagai penyeimbang antara otak kanan dan otak kiri. Lihat ilustrasi otak kanan dengan otak kiri di bawah ini:



Otak kanan berfungsi dalam hal persamaan, khayalan, kreativitas, bentuk atau ruang, emosi, musik dan warna. Daya ingat otak kanan bersifat panjang (long term memory). Bila terjadi kerusakan otak kanan misalnya pada penyakit stroke atau tumor otak, maka fungsi otak yang terganggu adalah kemampuan visual dan emosi misalnya.

Otak kiri berfungsi dalam hal perbedaan, angka, urutan, tulisan, bahasa, hitungan dan logika. Daya ingat otak kiri bersifat jangka pendek (short term memory). Bila terjadi kerusakan pada otak kiri maka akan terjadi gangguan dalam hal fungsi berbicara, berbahasa dan matematika.


Sudah tau kan gambaran antara fungsi otak kanan dengan otak kiri kan??? ya tentunya sudah tau. La.... sekarang aliran musik apa yang paling baik buat perkembangan otak?? katanya guru saya musik yang paling baik untuk perkembangan otak adalah musik beraliran klasik. Kenapa demikian, kata guru saya musik klasik berguna baik bagi ibu hamil dan bayi yang dikandungnya.

Musik klasik membantu ibu hamil untuk merilekskan badannya akibat otot-otot tubuh yang tegang karena membawa beban berat dalam kandungannya... sehingga tubuh juga akan rileks menghadapi masa persalinan.
Untuk bayi baik dalam kandungan maupun sudah lahir, musik klasik membantu merangsang perkembangan otak dan indera pendengarannya. Selqin itu, musik klasik juga membuat bayi akan tidur dengan nyaman, rileks dan pulas.

Untuk itu musik juga penting kan bagi pendidikan... gak cuma sekolah belajar fisika / matematika yang kadang-kadang bisa membuat kita STRESSS!!!! .


Saya sendiri sebagai pecinta blog khususnya Dan juga saya termasuk penggemar pelajaran TI & K, Matematika, Fisika, saya juga menyukai pelajaran musik. Setiap saya selesai belajar Matematika maupun Fisika saya pasti ambil gitar... hehe biar tidak STRESSS!!!! .

Saya kira sudah cukup. Mohon berikanlah komentar anda di artikel ini.

Wassalamualaikum.wr.wb
Blogku adalah ladang uangku

Related Posts by Categories



what is new today