Foto Pacu Jawi dr Indonesia masuk Karya Fotografer Digital Terbaik 2009 Dunia

Apa sih Pacu Jawi?

Satu lagi potensi yang selama ini tersimpan untuk dikembangkan menjadi objek pariwisata yang beruansakan budaya tradisional ada di Sumatera Barat.. ya.. "Pacu Jawi" atau dalam bahasa indonesianya berarti Balapan Sapi.
Pacu jawi (Balapan Sapi) merupakan atraksi permainan anak nagari (masyarakat) di Kab. Tanah Datar. Pacu jawi pada awalnya merupakan kegiatan pengisi waktu, saat musim tanam tiba. Berbeda dengan karavan sapi di Madura yang diselenggarakan di arena kering. Pacu jawi di Tanah Datar di gelar di pesawahan sehabis panen dalam kondisi arena berlumpur. Uniknya pacu jawi ini dilombakan bukan dengan pasangan lawan sebagaimana layaknya perlombaan, tetapi hanya dilepas satu pasang setiap lomba. Seorang joki mengendarai sepasang jawi yang diapit dengan peralatan pembajak sawah sambil memegang tali dan ekor kedua sapi. Ketika joki ingin berlari cepat, dia akan menggigit ekor-ekor sapi. Semakin cepat sapi itu berlari, semakin keras dia harus menggigit ekor sapi.. Pemenang pacu jawi adalah dinilai yang dapat berlari paling lurus tanpa berbelok ke samping. Biasanya dalam satu perlombaan akan terlihat banyak sapi yang berbelok, bahkan sampai berpindah ke sawah lain.


Kita perlu bangga dengan warisan budaya leluhur kita, mungkin inilah yang menjadi ketertarikan Muhammad Fadli mengangkat lomba karapan sapi untuk bisa bersaing dan berkompetisi di ajang bergengsi dunia yaitu Digital Camera Photographer of the Year 2009. Sebuah ajang paling prestisius bagi kalangan fotografer profesional (Digital Camera Fotographer) kelas dunia.
Akhirnya karya Muhammad Fadli ini berhasil memenangkan kategori World in Motion karya yang di beri nama The Pacu Jawi, dimana kategori ini didukung oleh Harian Telegraph dari Inggris, Selamat ya bung Fadli, Anda telah membawa harum Indonesia di dunia Internasional.
Ini dia fotonya gan!
Spoiler for The Pacu Jawi (cow's race) - Muhammad Fadli, Indonesia:
Eits tunggu dulu, ternyata ada lagi hasil foto anak bangsa yang jadi juara juga gan, silaken liat disini gan! sumber disini thanks to agan محمد yang udah nambahin
Spoiler for Planet Earth-Bayu Husodo:
Spoiler for Two Different Sides - Michael Novrianus Maikro, Indonesia:

Kalo ini foto2 yang lain yang masuk Karya Fotografer Digital Terbaik 2009 Dunia gan!
Spoiler for Goal - Janet Shui Kee Yim, Hong Kong:
Spoiler for Nature Study - Bragi J. Ingibergsson, Iceland:
Spoiler for Wednesday Night Kissing - Maciej Dakowicz, UK:
Spoiler for Gas Station - Bart Heirweg, Belgium:
Spoiler for Devotee Morning Prayers at Sangam - Rajesh Kumar Singh, India:
Spoiler for Dikke Dennis - Thomas van Beek, The Netherlands:
Spoiler for Fearless - Janet Shui Kee Yim, Hong Kong:
Spoiler for The Jump - Nicola Bombassei, Italy:
Spoiler for Overall inilah juaranya gan! Partners by Bragi J. Ingibergsson:
tambahan dari agan TeamNZ, makasih gan

AKU BANGGA JADI ANAK INDONESIA!!!
AKU BANGGA JADI ANAK INDONESIA!!!



Related Posts by Categories



what is new today