10 Kisah Terbesar Microsoft di 2009

10 Kisah Terbesar Microsoft di 2009  media ict file informasi teknologi

Microsoft mengalami pasang surut di tahun 2009, namun tahun ini Microsoft telah meluncurkan setidaknya dua produk besar, Bing dan Windows 7, dan juga akhirnya mencapai kesepakatan dengan pencarian Yahoo. Tetapi perusahaan ini juga dilanda oleh isu-isu besar akan hukum dan statusnya di pasar smartphone terus tergelincir.

10 Kisah Terbesar Microsoft di 2009  media ict file informasi teknologi

Daftar Riwayat 10 besar yang pernah dilakukan Microsoft di tahun 2009, secara acak :

1) Peluncuran Windows 7

Dengan banyaknya keluhan mengenai Windows Vista, Microsoft merilis Windows 7 pada bulan Oktober. Memperbaiki Vista, Windows 7 diharapkan mampu memenangkan pasar, terutama sejak dukungan terhadap Windows XP berakhir di 2014.

Pada peluncuran 22 Oktober lalu mungkin tidak terlalu mencolok jika dibandingkan peluncuran Vista dua tahun sebelumnya.

2) Meluncurkan mesin pencari Bing

Dibandingkan dengan Google, dan bahkan Yahoo, Live Search mungkin tidak terlalu dikenal di masyarakat. Namun Microsoft telah melakukan perombakan dan mengganti nama Live Search menjadi Bing. Bahkan telah memperbaharui fitur-fitur pada Bing Maps. Sejak resmi diluncurkan pada bulan Juni, Bing telah menguasai pasar AS dengan terus naik sebesar 10.4 persen pada bulan November. Sementara itu, Yahoo mengalami penurunan popularitas.

3) Microsoft dan Yahoo mencapai kesepakatan

Dengan kesepakatan pembagian pendapatan, Microsoft dan Yahoo bergabung untuk menyerang dominasi pasar Google. Yahoo? didukung oleh Bing dan perusahaan Internet akan menyimpan sebagian besar pendapatan iklan.

4) Windows Mobile Kehilangan Pasar

Sistem operasi mobile-nya, Windows Mobile, adalah salah satu platform yang diadopsi secara luas. Tetapi pada kuartal ketiga tahun 2009, WinMo's share turun hingga 8 persen. Sementara itu Apple, Palm, Research in Motion, Nokia, Google terus memperbaiki OS mobile mereka, saling bersaing untuk menjadi yang dominan.

5) Kasus Browser Internet Explorer di Uni Eropa

Selama lebih dari satu dekade, Internet Explorer hadir dibawah sistem operasi Windows. Pada tahun 2009, Komisi Persaingan Uni Eropa mengambil software adidaya sebagai kasus monopoli. Microsoft menyerah sehingga pengguna dapat memilih pilihan browser mereka sendiri. Setelah perubahan di bulan Oktober, Uni Eropa menerima proposal Microsoft pada bulan Desember.

6) Microsoft Merumahkan 5.800 Karyawan

Pada bulan Januari, Microsoft mengumumkan bahwa mereka akan merumahkan 5.000 karyawan selama 18 bulan di perusahaan. Tentu kerugian akan timbul pada penelitian dan pengembangan, pemasaran, penjualan, keuangan, hukum, sumber daya manusia dan TI.

Akhirnya, Microsoft mem-PHK pada November, dan menambah 800 Karyawan yang terkena PHK, total menjadi 5.800 karyawan.

7) i4i Menang Kasus Hak Paten

Meskipun gugatan ini diajukan pada tahun 2007, i4i Inc telah menggugat Microsoft atas pelanggaran hak paten. Juri sepakat bahwa Microsoft bertanggung jawab atas pelanggaran dan harus membayar denda kepada i4i sebesar US$ 200 juta.

8) Google Chrome memperkenalkan OS

Google Chrome OS, suatu persilangan antara Web browser dan sistem operasi, hal ini memiliki potensi untuk mengubah komputasi seperti yang kita kenal dan mengancam kas terbesar Microsoft Windows.

Dengan menggabungkan fungsi OS dasar,seperti file browsing dan peripheral pendukung ke dalam Chrome browser, Google ingin menghentikan kebutuhan akan Windows atau Linux atau Mac OS X. Dan membuat orang menggunakan seluruh aplikasi internet seperti Gmail dan Google Apps. Tentu saja, browser-OS tidak bisa sepenuhnya menggantikan sistem operasi tradisional, dibutuhkan lebih banyak kemampuan untuk, misalnya, mengedit video kelas profesional. Itu sebabnya pada awalnya Google Chrome OS digunakan pada netbook.

9) Proyek Natal untuk Xbox 360

Dilihat sebagai jawaban Microsoft atas Nintendo Wii, Microsoft meluncurkan proyek pada bulan Juni di Electronic Entertainment Expo di Los Angeles untuk Xbox 360 Edisi Natal.

Teknologi, dengan seperangkat kamera dan sensor yang mengambil gerakan gamer, sehingga dapat memainkan game tanpa controller, teknologi ini juga akan diterapkan ke komputer, dan berpotensi merevolusi konsep "user interface."

10) “Cloud Computing” dengan windows Azure

Microsoft meluncurkan Windows Azure di PDC08 dan mengumumkan ketersediaan secara komersial di PDC09. Dengan Windows Azure, perusahaan dan individu dapat membuat dan mengelola aplikasi berbasis online yang dapat diakses via Web.

Related Posts by Categories



what is new today