ITB Fair 2010 | 5, 6, 7 Februari 2010 | @Kampus ITB


Dengan membawa visi Ganesha Bersinar yang merupakan singkatan dari Bergerak, Sinergis dan Berkarya ITB FAIR 2010 akan menjadi sebuah puncak eskalasi dari visi Kabinet KM ITB yakni, “Mari membuat Indonesia tersenyum”.

Tujuan dari ITB FAIR 2010 ini sendiri adalah untuk
“Mensinergikan gerakan keprofesian ITB dengan menciptakan muara gerak pengembangan komunitas sebagai suatu semangat bersama agar tercipta suatu ‘new movement of students’ di Indonesia”


Adapun rangkaian-rangkaian acara yang ada di ITB FAIR 2010:


A. Community Developement Contest (CDC)
Spoiler for CDC:


Community Developement Contest adalah suatu lomba membuat proposal proyek mengenai community development. Lomba ini berskala nasional namun mengusung tema local action. CDC merupakan langkah kongkrit pemngembangan komunitas jangka panjang. CDC melombakan gagasan mahasiswa dari lintas jurusan untuk bersama- sama memecahkan suatu permasalahan di masyarakat berupa rancangan program pengembangan komunitas. Basis peserta merupakan HMJ yang berkolaborasi bersama HMJ lainnya dan peserta dari perguruan tinggi lain. Kejaran kolaborasi antar HMJ dimaksudkan agar masalah yang perlu dipecahkan di masyarakat dapat lebih tepat guna. Selain itu kolaborasi ini dapat dijadikan sarana pembelajaran bagi HMJ yang belum memilki budaya keprofesian kuat. Sedangkan kehadiran peserta dari perguruan tinggi lain diharapkan mampu meningkatkan nuansa kompetisi. Hasil gagasan dari peserta akan dipertemukan dengan masyarakat ekonomi untuk mendapatkan kontrak kerjasama. Diharapkan pasca ITB FAIR 2010, HMJ dan peserta dari perguruan tinggi lain dapat berbuat secara nyata kepada masyarakat. Bentuk lain dari CDC adalah lomba poster pencerdasan dan essay yang akan diikuti oleh siswa SMA dari berbagai daerah.


B. Idea Mall
Spoiler for Idea Mall:


Idea Mall adalah sebuah pameran dengan konsep mall yang spektakuler dimana mall ini akan menampilkan inovasi-inovasi para expertise. Idea Mall adalah suatu wahana tempat berkumpulnya berbagai ide yang inspiratif. Konsep mall ide terdiri dari berbagai display karya expertise di bidang pengembangan komunitas (LSM), display karya expertise yang inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat seperti mobil kancil buatan INKA, display karya industri kreatif, display hasil gerakan keprofesian mahahsiswa seperti KENMI dll, konsep bisnis, hingga menghadirkan talkshow bersama berbagai pakar seperti C.K Prahalad, Deddy Mizwar, Elang Gumilang, dll.

Talkshow ini juga akan menampilkan narasumber seperti Mantan Presiden B. J. Habibie dan Muhammad Yunus peraih hadiah nobel bidang ekonomi. Talkshow ini akan dimoderatori oleh Andi F. Noya yang memang kompeten dan menegahi suatu diskusi besar.

Idea Mall juga mengadakan Lomba-Lomba tentang impian Indonesia di tahun 2020 seperti Essay Impian untuk mahasiswa ITB, Lomba Gambar untuk anak 9-12 tahun, Lomba Film Pendek untuk mahasiswa bersama masyarakat umum.
Tujuan dari acara ini merupakan suatu ajang untuk menginspirasi mahasiswa dan memfasilitasi bagi pihak yang mempunyai ide ataupun karya yang cemerlang.


C. Konferensi Mahasiswa
Spoiler for Konferensi Mahasiswa:


Kehadiran mahasiswa Indonesia diharapkan mampu dimanfaatkan secara lebih. Mahasiswa dari seluruh Indonesia diharapkan mampu saling bertukar pikiran akan isu integrasi keprofesian dengan pengembangan komunitas. Raha diskusi bisa jadi menghasilkan sesuatu, bisa jadi tidak. Namun titik tekan yang dikejar adalah interaksi untuk saling menginspirasi dan bergerak bersama-sama menuju suatu arah : keprofesian untuk pengembangan masyarakat.


D. Pameran Karya dan Inovasi Mahasiswa
Spoiler for Pameran Karya:
Pameran ini menampilkan berbagai karya mahasiswa yang berasal dari program studi maupun himpunan masing dan perguruan tinggi lain. Hasil karya CDC pun akan turut ditampilkan dalam wahana yang sama.


E. Art and Music Performance
Spoiler for art&music:
Seni dan music adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan pemuda. Penampilan seni dan music diharapkan mampu menyemarakkan ITB FAIR 2010. Artis yang dihadirkan akan disesuaikan karakteristiknya dengan tema acara ini. Misalnya seperti Triplet efek rumah kaca, ethnic dan band- band indie lainnya.


F. Karnaval Cerdas
Spoiler for Karnaval:
Karnaval merupakan suatu trademark positif yang selalu dilakukan di kegiatan ITB EXPO/FAIR. Untuk ITB FAIR 2010 karnaval masih dirasa perlu sebagai bentuk pensuasanaan kepada civitas akademika ITB dan masyarakat luas.


G. Talkshow Keprofesian

H. Jingle Contest
Spoiler for Jingle Contest:


Untuk memperkaya khasanah karya di ITB FAIR 2010 diperlukan suatu music sebagai soundtrack. Tema soundtrack harus merujuk pada semangat berkarya untuk bangsa. Peserta yang terlibat adalah mahasiswa ITB dan siswa SMA. Masing- masing kategori akan menghasilkan 1 soundtrack yang kemudian akan dibuat video klip.

Quote:
Pemenang Jingle Contest sudah di dapat yaitu Fruit n' Salads dengan Jingle "Hai Dunia"


I. Zero Waste Event
Spoiler for Zero Waste Event:
ITB FAIR 2010 merupakan acara yang dapat dijadikan percontohan sebagai eco-campus dengan mengolah sampah kegiatan secara ramah lingkungan. Program ini akan dikerjakan bersama- sama dengan relawan Ganesha Hijau.


J. Community Service
Spoiler for Community Service:
Kegiatan ini dimaksudkan agar ITB FAIR 2010 tetap membumi dengan melakukan langkah kongkrit jangka pendek kepada masyarakat.Contoh kegiatan yang dapat dilakukan adalah dengan pengenalan teknologi kepada anak-anak disekitar ITB, donor darah, lomba mewarnai dan menggambar bagi anak- anak sekitar ITB, penanaman pohon, dan sumbangan buku bekas bagi masyarakat kurang mampu.


K. Majalah Keprofesian “Proficio”
Spoiler for Proficio:


Majalah keprofesian ITB diharapkan mampu menjadi enzim penjaga sustainability budaya berkarya di ITB khusunya dan mahahsiswa Indonesia umumnya. Konsep majalah keprofesian ini akan dibuat paperless alias digital yang dipasarkan melalui situs- situs jejaring sosial.


L. Roadshow :
Spoiler for Roadshow:

- SMA di Kota Bandung
- SMA di Ibukota DKI Jakarta
- SMA di Kota Bogor
- SMA di Kota Yogyakarta
- Universitas di Yogyakarta
- Universitas di Surabaya
- Universitas di Solo
- Mal di Bandung: PVJ, Ciwalk, BIP**
- Puncak RoadShow DUFAN! "ITB Edufantasy



Acara GRATIS dan TERBUKA UNTUK UMUM
Kegiatan Pra-Event dan RoadShow dimulai dari bulan November 2009
Puncak ITB FAIR pada tanggal 5, 6, 7 Februari 2010 @ Kampus ITB (untuk rundown acara lengkap, lihat post #4)


Quote:
"Saya senang dengan kegiatan2 positif seperti itu. Mendekatkan ilmu dan teknologi kepada anak-anak dan masyarakat. Bravo KM ITB." -Andi Malarangeng/Menpora

"Selamat ya atas inisiatif yang sangat baik ini. Maju terus KM ITB dan panitia ITB Fair." -Betti Alisjahbana

"Belajar bisa dilakukan sambil bermain, sehingga menjadi menyenangkan," -Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk. Budi Karya Sumadi

Sumber : Klik Disini

Related Posts by Categories



what is new today